Funtas Tea Cooking Dilmah Tea Indonesia ft. Chef Peter Kuruvita!

Hayooo…. siapa disini yang suka memasak? Pasti mengenal sosok Chef Peter Kuruvita, Chef yang memiliki spesialisasi masakan dengan gaya Sri Lanka. Nah, BornToBite beruntung banget nih, karena pada hari Sabtu lalu, tepatnya tanggal 27 Februari 2016, BornToBite mendapat special invitation dari PT David Roy Indonesia, yang merupakan Distributor Resmi Teh Dilmah di Indonesia ke acara Tea and Food Pairing with Peter Kuruvita, High Tea Jakarta, Afternoon Tea Jakarta

Tentang Dilmah Tea

Dilmah Tea Selections
Bagi kamu yang penasaran, sebenarnya Dilmah Tea itu teh darimana, ya? Dilmah Tea merupakan teh berkualitas premium yang ditemukan oleh Merrill J. Fernando sejak tahun 1950an. Didistribusikan langsung dari Sri Lanka oleh PT David Roy Indonesia, Dilmah Tea sendiri memiliki packaging elegan sekaligus fresh. Dilmah Tea dapat ditemukan di hotel-hotel berbintang, maupun supermarket kesayanganmu.

Tentang Chef Peter Kuruvita

Salah satu buku Chef Peter Kuruvita
Khusus yang tidak mengikuti berita didunia masak, Chef Peter Kuruvita sendiri memang sangat populer dan dikenal oleh banyak orang, khususnya di dunia para Chef serta industri makanan dan minuman. Beliau memiliki beberapa restoran di Australia, yang rata-rata menyajikan Seafood. Tak hanya itu saja, Chef Peter Kuruvita memiliki program televisi tersendiri dimana dia mempraktekkan teknik memasaknya kepada para penonton. Bahkan, Chef Peter Kuruvita juga merupakan pengarang dari buku masak, lho!
Tea and Food Pairing with Chef Peter Kuruvita
Para panitia sedang menjelaskan Run Down acara
Acara ini merupakan sebuah acara dimana kita bisa menyaksikan demo memasak secara live oleh Chef Peter Kuruvita (Horrayy!! Kapan lagi bisa dapat kesempatan ini?). Berbeda dari demo memasak lainnya, disini Chef Peter akan memasak dengan mencampurkan teh dalam setiap masakannya.
“Hmm… emang teh bisa ya dijadikan bahan masakan? Bukannya teh itu hanya untuk minum saja?” 
Hahahaha, kalau kamu berpikir seperti itu juga, berarti kamu sama persis dengan BornToBite. Namun, ternyata pemikiran kita salah, lho! Ternyata teh pun bisa “nyambung” dan terasa enak jika dipadukan dengan aneka masakan, entah itu makanan berat (yes, you read it right!) sampai ke dessert.

Earl Grey Infused Chocolate Truffles

Siapa yang tidak suka makan dessert? BornToBite sih paling suka, ya. Apalagi Chocolate Truffle dengan bahan utama Dark Chocolate dicampur dengan teh Earl Grey. To my surprise, ternyata chocolate dan teh itu bisa jadi best friend for dessert, lho! Taste super unique, rasa teh-nya benar-benar berasa dan tidak di overpowering sama Chocolate-nya.
Chef Peter Kuruvita saat demonstrasi

Crispy Biscuits with The Original Earl Grey Jam

Dipagi hari yang cerah, ataupun di sore hari santai, paling enak adalah makan cookies ditemani dengan teh hangat. Apalagi sambil mendengarkan lagu jazz ataupun lagu mellow… wah! Asyik banget, deh. Nah, kali ini, Chef Peter langsung mencampurkan biskuit dengan selai teh. Chef Peter menyajikannya saat selai masih hangat dan rasanya bikin nagih! Aduh, jadi pingin ngemil terus, nih…

Green Tea and Jasmine Scented Steamed Prawns

BornToBite suka banget dengan seafood, apalagi kalau disajikan dengan nasi hangat ala-ala sushi. Tetapi, selama ini BornToBite tidak pernah makan udang yang direbus dengan teh, lho. Bahkan, terpikir untuk memadukan teh dengan udang saja tidak pernah. Lagi-lagi, terpukau banget dengan rasa udang yang telah dikukus menggunakan air Green Tea dan Jasmine. Terasa banget lho teh-nya, dan rasa udangnya pun tak berkurang. Makin enak rasa seafoodnya!

Oxtail with Lapsang Souchong Leaf Tea

Seperti yang bisa kalian lihat di Instagram-nya BornToBite, yaitu @meganfaustine, ini adalah sop buntut yang dimasak menggunakan teh jenis Lapsang Souchong. Daun teh ini memang dikhususkan untuk masak memasak, dan aromanya pun benar-benar kuat. Melalui campuran teh ini, rasa sop buntutnya makin nikmat, aromanya pun benar-benar terasa.
Chef Peter Kuruvita saat memasak Oxtail Soup

Vodka Infused with Berry Sensation Real Leaf Tea

Ini nih, yang paling tidak disangka-sangka! Ternyata, minuman alkohol pun bisa juga lho dikreasikan bersama dengan teh. Meskipun kata Chef Peter Kuruvita “It’s discovered by mistake” namun tetap saja, it’s a damn beautiful mistake! Jadi, vodka di letakkan disebuah shaker bersama dengan 4 bungkus Dilmah Tea Berry Sensation Real Leaf Tea, kemudian di infused menggunakan oksigen. Voila! Jadilah Vodka beraroma teh. Unik banget minuman satu ini!
The Mixologist TeaMaker
Selain berkesempatan untuk melihat demo dari Chef Peter Kuruvita tentang bagaimana memadukan teh dan makanan, BornToBite juga mendapat kesempatan untuk melihat kreasi minuman dari teh yang kreatif dan lain daripada yang lain. Jadi, teh ini digunakan dalam campuran Cocktail dan Mocktail. Kali ini, tim dari “The Mixologist TeaMaker” yang telah berkesempatan menimba ilmu hingga ke Sri Lanka yang akan mendemonstrasikannya.

Lemon Cavir Mint by Maygen Zulwandi

Minuman beralkohol alias Cocktail satu ini memiliki campuran peppermint tea, daun cavir lime, homemade gomme, dan simple fresh lime juice. Rasanya unik dan pasti tidak menyangka kalau ada teh didalamnya! Baru tau kan, bahwa minum teh itu bukan sekedar diseduh saja, tetapi bisa di shake dan dipadukan dengan aneka bahan lainnya?
Maygen saat demo

Ceylon Rose Finest Mocktail by Ade Kurniawan

Bagi kamu yang tidak minum alkohol, maka Mocktail pun bisa menjadi pilihan tepat. Menggunakan Dilmah Tea Ceylon, Mocktail satu ini memiliki campuran lemon juice, apple juice, dan french vanilla syrup. Rasanya sangat refreshing!
Thank you Dilmah Tea and Chef Peter Kuruvita for the knowledge and experiences!
Chef Peter Kuruvita ramah dan friendly banget! Dia langsung menyajikan makanan untuk dicoba oleh para bloggers.
Bisa dibilang, selama mengikuti acara Funtas Tea Cooking persembahan Dilmah Tea Indonesia ini, BornToBite mendapatkan begitu banyak ilmu sekaligus ilham yang baru. Dilmah Tea Indonesia dan Chef Peter Kuruvita benar-benar merubah sudut pandang tentang teh dan makanan! Thumbs up!!
A happy face of me when meeting Chef Peter Kuruvita!
Nah, bagi kalian yang masih belum puas dengan membaca dan sekedar melihat-lihat foto saja, yuk saksikan Video lengkap acara Funtas Tea Cooking persembahan dari Dilmah Tea Indonesia dengan guest Chef Peter Kuruvita di YouTube channel : Megan Faustine atau dibawah ini, ya! Jangan lupa dikasih jempol, video perdana lho 😉

STALK ME ON:

INSTAGRAM | FACEBOOK | YOUTUBE

 

2 Comments

  1. Atika 4 Maret 2016
  2. Megan Faustine 4 Maret 2016

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Want to read my Travel Story? Click Here
+ +