Kudapan Khas Sulawesi Ini Bergizi dan Sukses Bikin Nagih!

Jangan ngaku pecinta kuliner kalau kamu belum pernah menjelajah kuliner di bumi pertiwi. Hidangan seperti nasi goreng, mie goreng, sampai bakso tentu sudah sering kamu dengar. Namun, bagaimana dengan masakan daerah seperti contohnya bubur ase asal Betawi, gulai cipuik dari Riau ataupun ikan woku dari Manado? Hayooo…. dari menu makanan di atas, mana yang belum pernah kamu dengar?

Nah, untuk memperluas kamus kuliner Indonesia milikmu, kali ini BornToBite mau mengajakmu untuk menjelajah kuliner khas Sulawesi Utara, yaitu ikan woku, ikan rica dan sambal dabu sebagai pelengkapnya, melalui sebuah tulisan blog ini.

Persiapan bahan-bahan untuk memasak :

Biasanya, ikan yang digunakan untuk memasak woku ataupun rica adalah ikan kerapu (atau disebut dengan goropo, oleh masyarakat umum dikatakan sebagai ikan yang paling cocok untuk kudapan woku ini), ikan tuna, ikan kakap ataupun ikan tongkol. Pada kesempatan memasak kali ini, BornToBite menggunakan ikan cakalang yang teksturnya mirip sekali dengan ikan tongkol dan yang pasti, rasanya sama-sama lezat -hehehe-. Cara membelinya pun mudah karena banyak ditemukan di pasar tradisional.

Kamu bisa mendapatkan ikan cakalang di pasar tradisional dengan kisaran harga hanya Rp 35,000 lho!

Setelah ikan cakalang dibersihkan dan dipotong-potong menjadi beberapa bagian, cucilah ikan cakalang tersebut sampai bersih sebelum diolah.

Bakteri-bakteri akan semakin berkurang setelah dicuci bersih

Selain mempersiapkan lauk utama yang digunakan untuk memasak, persiapan lain yang tak boleh lupa kita lakukan adalah mempersiapkan bumbu-bumbu woku dan rica untuk merubah ikan cakalang tersebut menjadi lezat.

Fakta menarik: Kunyit bisa meningkatkan sistem detoksifikasi (pembersihan racun) di hati lho!

Tahukah kamu bahwa sebenarnya bumbu dari ikan woku dan ikan rica itu tidak jauh berbeda? Perbedaannya paling mencolok terletak pada jumlah kunyit serta cabai di masing-masing masakan. Wah, makin penasaran, nih? Tenang saja, kamu akan dapat bocoran bumbu-bumbunya pada proses memasak nanti kok. 😉

Potongan daun kemangi & daun bawang untuk aroma dan rasa
Nah… kalau seluruh persiapan untuk memasak mulai dari ikan hingga bumbu sudah selesai kalian lakukan, yuk sekarang intip apa saja bahan yang digunakan sekaligus bagaimana cara memasak ikan woku dan ikan rica ini.

Ikan Woku

 
Masakan Woku ini menjadi ciri khas Manado, salah satu kota di Sulawesi Utara

Waduh… sudah pada ngiler nih ngelihat hasil akhirnya yang menggiurkan? Kuah kuning yang mengguyur ikan cakalang nan empuk, ditemani dengan aroma kemangi yang khas, belum lagi rasa rempahnya… glek! Tahan nafsu makan kamu dulu ya!

Bahan Bumbu Woku :

Jangan lupa untuk mencuci bersih seluruh bumbu sebelum diproses ya 🙂
Bumbu untuk dihaluskan :
  • Bawang merah 150 gram
  • Bawang putih 50 gram
  • Kemiri 4 butir
  • Jahe 20 gram
  • Kunyit 25 gram
  • Cabe keriting 100 gram
  • Cabe rawit 50 gram
  • Serai 2 batang
  • Daun jeruk 6 lembar
Bumbu-bumbu lainnya:
  • Kemangi
  • Daun bawang
  • Garam
  • Gula

Cara Memasak :

1. Pertama-tama, kamu perlu memasukkan dan mencampur semua bahan bumbu di atas yang telah ditumbuk halus dengan daun bawang ke dalam wajan.

2. Aduk-aduk hingga merata sekaligus tambahkan sedikit air, garam, dan gula secukupnya untuk diamkan sejenak.
3. Berikutnya, masukkan ikan cakalang sebanyak 5 potong dengan berat lebih kurang 700gram ke dalam bumbu. Sebelumnya, bumbuilah ikan cakalang tersebut dengan garam, kemudian tumis dengan sedikit minyak goreng hingga warna dari ikan berubah menjadi kecoklatan dan ikan mengeluarkan bau harum. Tiriskan sejenak sebelum akhirnya dimasukkan dalam bumbu woku.
4. Terakhir, tambahkan daun kemangi sekaligus daun bawang yang sudah dipotong-potong kecil ke dalam wajan , kemudian aduk-aduk hingga merata dan aroma kemangi keluar.

5. Angkat atau pindahkan masakan tersebut ke dalam piring ataupun wadah lainnya. Ikan cakalang masak woku pun siap untuk disantap!

Cukup mudah untuk memasak ikan cakalang woku ini, karena tergolong tidak rumit, persiapannya mudah dan proses memasaknya tidak rumit. Pas banget deh untuk menu sekeluarga di rumah. Sekarang, yuk kita siapkan hidangan berikutnya, yaitu ikan rica.

Ikan Rica

Ikan rica biasanya dimasak dengan cara digoreng / dibakar oleh masyarakat Sulawesi

Orang Indonesia dikenal dengan orang yang suka menyantap makanan pedas. Makin pedas makanannya, nafsu makan pun akan semakin bertambah. Hmm… BornToBite sudah bisa membayangkan betapa nikmatnya makan menggunakan tangan dan merasakan ikan rica pedas dipadu dengan lumuran bumbu kaya rasa. Keringetan tapi nikmat deh!

Tampak serupa dengan ikan woku namun tak sama, ikan cakalang masak rica ini memiliki warna dominan merah karena cabai rawitnya lebih banyak. Jadi, kalau di rumahmu ada yang suka makan pedas, pasti senang banget deh kalau disajikan ikan cakalang rica ini.

Bahan :

Kalau bumbu rica, semakin pedas akan semakin mantap! Jadi kamu bisa menambahkan jumlah cabai rawit sesuai selera.
Bumbu untuk dihaluskan :
  • Bawang merah 150 gram
  • Bawang putih 50 gram
  • Kemiri 2 butir
  • Jahe 10 gram
  • Kunyit 10 gram
  • Cabe keriting 200 gram
  • Serai 2 batang
  • Daun jeruk 5 lembar
Bumbu-bumbu lainnya:
  • Kemangi
  • Daun bawang
  • Garam
  • Gula

Cara Memasak :

1. Pertama-tama, sama dengan proses memasak bumbu woku, kamu perlu menghaluskan dan mencampur semua bahan bumbu di atas. Tidak perlu terlalu halus juga tidak masalah, dan selain menggunakan tumbukan tradisional, kamu bisa menggunakan blender jika ingin hasil yang lebih halus.

Di kesempatan memasak kali ini, BornToBite ingin menggunakan alat tradisional saja sambil mengenang masa lalu -ceileh….. kalau kamu juga menggunakan tumbukkan tradisional, maka kira-kira sampai hasilnya seperti di bawah ini, ya.

2. Kedua, setelah ditumbuk sampai menurut kamu cukup halus, maka tumis seluruh bumbu tersebut di atas wajan. Sesaat kemudian, kamu bisa menambahkan daun bawang secukupnya.

3. Saat aroma dari bumbu rica sudah keluar, masukkan ikan cakalang sebanyak 5 potong atau lebih kurang 700gram ke dalam wajan yang sebelumnya sudah ditumis terlebih dahulu menggunakan garam dan ditiriskan ke dalam wajan. Sentuhan terakhir, tambahkan daun kemangi. Kemudian, ikan rica tersebut bisa kamu pindahkan ke piring atau wadah lainnya untuk dihidangkan.

Benar kan apa yang tadi BornToBite bilang? Cara untuk memasak kedua kudapan khas Sulawesi ini yaitu woku dan rica sangatlah serupa. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah cabai rawit dan kunyit yang digunakan saja. Keduanya mantap untuk disantap apalagi bersama nasi hangat.

Sambal Dabu

Orang Indonesia memiliki ciri khas suka sekali makan sambal. Rasanya, hidup tuh belum lengkap kalau belum makan sambal! Sambal yang sudah mengIndonesia mendunia ini pun juga punya banyak versi tergantung dari asal daerah masing-masing. Nah, salah satu sambal khas dari Sulawesi adalah sambal dabu.

Bahan :

  • Bawang merah
  • Cabe rawit
  • Tomat
  • Daun bawang
  • Jeruk nipis

Cara Memasak :

1. Potong-potong dan campurkan seluruh bahan-bahan sambal dabu di atas ke dalam satu wadah. Tak lupa tambahkan garam, gula serta perasan jeruk nipis.2. Panaskan wajan serta beri minyak goreng secukupnya. Saat minyak goreng sudah panas, tuangkan seluruh bahan dari sambal dabu tersebut. Kemudian, sajikan dipiring atau wadah lainnya sebagai teman makan bersama dengan kudapan lainnya.

Sambal dabu, pedasnya bikin HU-HA!

Kalau versi aslinya, sambal dabu khas Sulawesi ini dibuat dengan cara mentah tanpa digoreng. Namun, karena lidah keluarga BornToBite ini sudah lidahnya orang Jawa, maka kita memilih untuk menggoreng sambal dabu tersebut. Itulah sebabnya sambal dabu kreasi BornToBite tampak sangat berair. Jadi, kalian bisa mengkreasikan masakan khas Sulawesi ini sesuka hati kalian tanpa menghilangkan ciri khas utamanya.

Setelah seluruh masakan sudah siap untuk dihidangkan di atas meja makan – jangan lupa untuk diambil dulu fotonya hehehe #eh – dijamin seluruh anggota keluarga ataupun teman-temanmu langsung pada merapat ke meja makan. Bagaimana tidak? Aromanya saja sudah sangat menggugah selera!

Sajian ikan woku dan rica siap untuk disantap

Kudapan ini memang cocok untuk disantap bersama-sama, entah itu untuk makan siang maupun makan malam. Mau makan pagi dengan ikan cakalang woku dan rica ditambah sambal dabu ini? Bisa juga, lho! Oh iya, jangan lupa ambil nasinya yang banyak sebelum nanti kehabisan, oke?


Buat Kamu yang Nggak Mau Repot untuk Memasak Seperti di Atas, Ingin Catering Sehat dan Lezat, Bisa Langsung Menghubungi :

 

PISON CATERING 

+6281908336475 

di Kelapa Gading, Jakarta Utara

(Terima Catering, Pesanan, Nasi Box, Prasmanan, Wedding, Ulang Tahun dan aneka lainnya) 

TANPA MSG dan menggunakan air galon

Kepoin Instagram-nya yuk di @pisoncatering
 

Thanks, reader(s)!

[Megan Faustine]

STALK ME ON:

INSTAGRAM | FACEBOOK | YOUTUBE

2 Comments

  1. Megan Faustine 5 November 2016

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Want to read my Travel Story? Click Here
+ +